Dhamir Khafdhin bil-Idhafah (ضمیر
خفض بالإضافة)
Idhafah dalam makna yang sederhana adalah kumpulan
kata/frase (bukan kalimat) yang terdiri dari dua isim atau lebih
1. Jika idhafah terdiri dari dua kata, kata pertama
dinamakan
Mudhaf dan kata kedua disebut mudhaf ilaih.
Mari kita lihat contoh
-contoh berikut ini:
كتاب حامد
Cara membacanya:
kitaabu haamidin
Artinya: Buku (milik) Hamid.
حقيبة المدرس
Cara membacanya:
haqiibatul mudarrisi
Artinya: Tas (milik) guru (itu).
بيته
Cara membacanya: baytuhu
Artinya: Rumah
-(milik)nya.
KETERANGAN:
1. Kata kitaab ( كتاب),
haqiibah ( حقیبة ), dan
bayt ( بیت ) disebut
mudhaf, karena ia merupakan kata pertama. Sedangkan kata haamid ( حامد ), al mudarris ( المدرس ), dan hu ( ـھ ) disebut mudhaf ilaih, karena
ia merupakan kata kedua.
2. Idhafah terkadang dimaknai sebagai kepemilikan (seperti
contoh di atas), dan kadang dimaknai
sebagai asal atau dari, misal frase خاتم حدید
( khaatamu hadiidin ), yang artinya ‘cincin dari besi’, dan
juga bisa dimaknai di/di dalam, misal frase عذاب القبر (adzaabul qabri ), yang artinya ‘azab di
dalam
kubur’.
3. Ciri utama mudhaf ialah ia tak boleh ber
- alif lam, dan juga tidak boleh bertanwin, jadi kita tidak
bisa katakan al - kitabu haamidin atau kitaabun haamidin. Sedangkan ciri utama
mudhaf ilaih ialah ia selalu berada pada posisi jar/khafadh
dalam i’rab.
4. Keterangan lebih lanjut tentang idhafah, i’rab, serta
jar/khafadh akan disampaikan saat pembahasan ilmu nahwu.Nah, dhamir ini
dinamakan dhamir khafdhin (khafadh) bil –idhafah karena ia berposisi sebagai
mudhaf ilaih dalam idhafah, dan sudah dijelaskan di atas bahwa mudhaf ilaih
posisi i’rabnya adalah jar / khafadh . Contoh dhamir ini misalnya adalah kata
hu dalam frase baytuhu pada contoh di atas.
Dhamir khafdhin bil - idhafah
ada 14, yaitu:
Keterangan:
1. Membacanya dari kanan ke kiri, baru baris ke-2.
2. Kata baytu ini sebagai sal ah satu contoh saja. Fokusnya
pada dhamir setelahnya Arti masing-masing dhamir:
بیتھ =
rumahnya (untuk 1 orang laki-laki)
بیتھما
= rumah mereka (untuk 2 orang laki-laki)
بیتھم
= rumah mereka (untuk 3 atau lebih orang laki - laki)
بیتھا
= rumahnya (untuk 1 orang perempuan)
بیتھما
= rumah mereka (untuk 2 orang perempuan)
بیتھن
= rumah mereka (untuk 3 atau lebih orang perempuan)
بیتك = rumah
anda (untuk 1 orang laki -laki)
بیتكما = rumah
kalian (untuk 2 orang laki - laki)
بیتكم = rumah
kalian (untuk 3 atau lebih orang laki - laki)
بیتك = rumah
anda (untuk 1 orang perempuan)
بیتكما =
rumah kalian (untuk 2 orang perempuan)
بیتكن = rumah
kalian (untuk 3 atau lebih orang perempuan)
بیتي = rumah
saya (untuk 1 orang laki - laki atau perempuan)
بیتنا = rumah
kami (untuk 2 atau lebih orang laki - laki atau perempuan)
Kata بیت bisa
diganti menjadi كتاب , قلم , dan yang lainnya. Misal, kata بیت kita ganti
menjadi كتاب (buku).
Dhamir
Khafdhin bil-Harf ( ضمیر خفض بالحرف ) Dhamir khafdhin (khafadh) bil – harf ini
mirip dengan dhamir khafdhin bil – idhafah , terutama dari sisi posisi dhamir
ini da lami’rab, yaitu majrur . Bedanya, dalam dhamir khafdhin bil – idhafah ,
kata sebelum dhamir merupakan isim, dan gabungan isim + dhamir tersebut
dinamakan idhafah, sedangkan dalam
dhamir khafdhin bil – harf , kata sebelum dhamir merupakan harf jar , dan
gabungan harf jar + dhamir sering disebut jar majrur. Harf jar merupakan salah
satu jenis harf 2 yang berfungsi me – majrur - kan isim setelahnya. Harf jar
yang dihubungkan dengan dhamir –sebagaimana disebutkan di Kitabut
Tashrif - adalah: من ، إلى ، عن ، على ، في ، ب ، ل Berikut makna masing –
masing harf jar , beserta contohnya dalam kalimat, agar bisa
dipahamipenggunaannya masing- masing :
من = Dari.Contohnya dalam kalimat: سمعت صوتامن
السماء (Saya mendengar suara dari langit)
إلى =
Ke/Kepada. Contohnya dalam kalimat: ارجعوا إلى أھلیكم فعلموھم (Kembalilah kepada keluarga kalian, dan
ajarilah mereka)
عن = Dari/Tentang.
Contohnya dalam kalimat:أخبرني عن الإسلام (Beritahukanlah aku tentang Islam)
على = Di atas/Atas.
Contohnya dalam kalimat: بني الإسلام على خمس (Islam dibangun atas 5 perkara)
في = Di/Di dalam.
Contohnya dalam kalimat: القاتل والمقتول في النار (Yang membunuh dan yang
dibunuh sama - sama di neraka)
ب = Dengan.
Contohnya dalam kalimat: الإیمان معرفة بالقلب، وقول باللسان، وعمل بالأركا ن
(Iman itu mengenal
dengan hati, dikatakan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan)
ل = Bagi.
Contohnya dalam kalimat: فیھ شفاء للناس (Di dalamnya terdapat obat bagi
manusia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar